Dari pengertian kerjasama maka dapat dipahami apa sebenarnya maksud dari diadakannya kerjasama usaha. Padadasarnya maksud dan tujuan dari kerjasama adalah bahwa dalam kerjasama harus menimbulkan kesadaran dan saling menguntungkan kedua pihak. Tentu saja, saling menguntungkan bukan berarti bahwa kedua pihak yang bekerjasama tersebut harus memiliki kekuatan dan kemampuan yang sama serta memperoleh keuntungan yang sama besar. Moh. Jafar Hafsah (2000).
Kerja sama/belajar bersama adalah saling mempengaruhi sebagai anggota tim, Anda:
- Membangun dan membagi suatu tujuan yang lumrah
- Sumbangkan pemahamanmu tentang permasalahan: pertanyaaan, wawasan, dan pemecahan
- Tanggap terhadap, dan belajar memahami, pertanyaan lain, wawasan dan penyelesaian.
- Setiap anggota memperkuat yang lain untuk berbicara dan berpartisipasi, dan menentukan kontribusi (sumbangan) mereka.
- Bertanggung jawab terhadap yang lain, dan mereka bertanggung jawab pada Anda
- Bergantung pada yang lain, dan mereka bergantung pada Anda
Contoh Kerjasama
Setelah membahas berbagai penjelasan tentang kerjasama di atas, menerapkan teori kerjasama dalam kehidupan sehari-hari tidaklah sulit. Dalam lingkungan terkecil, keluarga. Kerjasama yang sering muncul adalah saat membersihkan rumah menjelang hari raya. Dimana, semua anggota keluarga bekerja bersama membersihkan rumah demi mencapai sebuah tujuan, yakni rumah yang terlihat bersih dan rapi.
Jika dilihat dalam lingkup yang lebih luas, misalnya masyarakat. Dapat juga kita jumpai contoh kerjasama saat menjalani acara tujuh belasan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Rata-rata para warga dalam satu RT atau RW akan sama-sama ikut bekerja bakti, mengecet pagar atau memeriahkan lomba panjat pinang.
Dari penjelasan mengenai pengertian kerjasama tadi, dapat disimpulkan bahwa kerjasama dilatarbelakangi oleh sifat manusia sebagai makhluk sosial yang terkadang perlu saling membantu guna memperoleh sebuah tujuan bersama. Contoh kerjasama dengan mudah dilihat pada kehidupan sehari-hari, dari tingkat terkecil, yakni keluarga, hingga tingkat terbesar seperti negara.
Implikasi Manajerial
Implikasi manajerial adalah untuk meningkatkan efektifitas teamwork dalam sebuah perusahaan memerlukan teamwork yang baik antara bagian dan divisi dalam perusahaannya tersebut,agar perusahaan dapatberkembang dan bergerak maju dengan lebih cepat.
Adanya kinerja manajerial yang dihasilkan merupakan bukti bahwa mereka mampu memahami secara jelas kinerja yang diharapkan dari kegiatan mereka. Kinerja tentu yang diharapkan dari manajer akan menentukan peran yang disandang oleh team leader. Kinerja dan peran yang diharapkan dari team leader akan menentukan bakat dan kemampuan apa yang diperlukan untuk mewujudkan kinerja melalui peran yang dimiliki oleh team leader tentang peran mereka yang tidak akan menghasilkan kinerja tertentu yang diharapkan dari mereka, jika tidak disertai dengan usaha keras mereka.
Sumber Referensi :
http://www.studygs.net/melayumanado/cooplearn.htm
http://lompoulu.blogspot.com/2013/06/pengertian-kerjasama.html
http://erlanggaba.blogspot.com/2013/05/implikasi-manajer.html
It’s actually a great annd helpful piece of information.
I amm satisfied that you shard this useful info with us. Pease keep us up to datte like this.
Thanhk you for sharing.