Tugas 4 Bahasa Indonesia 2 Jurnal

 

ABSTRAKSI

Membahas tentang pembuat website tentang Penjualan Hasil Produksi Tambak Menggunakan PHP dan MySQL. Program ini dibuat dengan tujuan memudahkan para konsumen terutama yang ingin membeli hasil penjualan yang langsung dari tambak sendiri untuk mendapatkan informasi tentang produk yang di jual. Website ini menggunakan elemen-elemen multimedia, yaitu gambar dan teks kedalam suatu bentuk website yang diharapkan mudah digunakan oleh siapa saja dan mudah dimengerti.

Dalam pembahasan masalah ini yang akan dibahas adalah mengenai cara pembuatan dari mulai menentukan strukstur navigasi, membuat peta navigasi, membuat perancangan antarmuka, pembentukan elemen, penggabungan elemen, penjelasan storyboard dan rancangan tampilan web sampai dengan pengujian, sehingga dapat dijalankan.

  • Latar Belakang Masalah

Teknologi komputer pada saat ini semakin berkembang dan meningkat dengan adanya internet. Aplikasi perangkat lunak komputer dan internet telah berkembang pesat pada dasawarsa ini, demikian pula dengan aplikasi web dan browser internet. Internet yang pada awalnya hanya akrab pada kalangan akademis serta dunia kerja, sekarang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat umum. Internet berkembang menjadi alat bantu yang tidak hanya mampu menyediakan informasi, tetapi juga mampu mengolah informasi. Internet merupakan media yang bisa diandalkan untuk penyebaran informasi dari semua aktifitas disegala bidang. Melalui internet pula aktifitas e-commerce berkembang.

Banyak pihak membuat website untuk kepentingan bisnis atau usaha, karena e-commerce merubah semua kegiatan marketing dan juga memangkas biasa-biaya operasional. Salah satunya adalah website penjualan hasil produksi tambak yang berisi penjualan berbagai macam ikan yang dapat diolah dan ada juga hasil lainnya seperti udang. Sampai saat ini jumlah pelanggan semakin meningkat tetapi masih menggunakan system penjualan yang manual, atau tidak mengembangkan dan memanfaatkan tekologi terus berkembang. Sebagai contoh konsumen yang ingin membeli ikan harus terlebih dahulu ke pasar atau supermarket. Untuk menghemat waktu dan kemudahan dalam membeli ikan hal ini dapat diatasi melalui pembuatan web penjualan yang dibuat oleh penulis sehingga memudahkan konsumen dalam proses pembelian. Pemilik toko juga ingin memperkuat jaringan usahanya tidak hanya di dunia nyata, tapi juga di dunia maya dan ingin menjaring semua pembeli se-Indonesia.

Atas dasar pertimbangan itu, maka penulis tertarik membuat suatu website dengan judul “PEMPBUATAN WEBSITE PENJUALAN HASIL PRODUKSI TAMBAK MENGGGUNAKAN PHP DAN MY SQL”.

 

  • Batasan Masalah

Dalam penulisan ilmiah ini, penulis membatasi masalah pada pembuatan sebuah media promosi dalam menjalin komunikasi antara masyarakat dalam mendapatkan informasi dan menigkatkan hasil penjualan produksi tambak melalui website dengan fasilitas-fasilitas didalamya seperti jenis ikan yang akan di jual, pemesanan, pengiriman transaksi serta produk pejualan yang paling laku terjual ke pelanggan. Aplikasi ini di buat dengan menggunakan dreamweaver dan PHP MySQL sebagai media penyimpanan datannya.

 

  • Tujuan Penulisan

Tujuan peulisan ilmiah ini adalah pebuatan website penjualan hasil produksi tambak untuk media promosi dalam mejalin komunikasi masyarakat, diharapakan dapat mempermudah dalam transaksi pembelian dan penjualan ikan. Selain itu dengan adanya metode ini, proses pegolahan data dan berbagai transaksi juga dapat dilakukan dengan akurat, efektif, dan efisien.

 

  • Metode Penulisan

Dalam pembuatan website penjualan hasil produksi tambak ini penulis menggunakan dua metode yaitu:

  1. Studi Lapangan, melalui interview : penulis menanyakan langsung kepada pemilik tambak untuk memperoleh data yang dibutuhkan dan melalui observasi : penulis melakukan pengamatan langsung di pemilik tambak tersebut.
  2. Studi pustaka, dengan mengumpulkan beberapa referensi buku landasan teori yaitu buku yang berhubungan dengan aplikasi Macromedia Dreamweaver dan PHP MySQL sebagai bahasa pemrograman yang digunakan.

 

  • Perangkat Yang Dibutuhkan

Pada pembuatan aplikasi ini perangkat yang dibutuhkan adalah perangkat lunak dan perangkat keras.

Peragkat keras yang dibutuhkan:

  • Prossor Intel Pentium II atau yang lebih tinggi diatasnya.
  • Minimum memori 94 MB. Lebih baik bila 128 MB
  • Minimal space harddisk 275 MB
  • Monitor warna dengan resolusi 800 x 600

 

Perangkat Lunak yang dibutuhkan :

  • Internet Explorer
  • System Windows 98, Windows 2000, Windows XP
  • Macromedia Dreamweaver
  • PHP dan MySQL

 

 

 

 

  • Sistematika Penulisan

Sebelum memasuki inti pokok permasalah, peniulis akan memberikan gambaran secara singkat mengenai pokok permasalah yang akan dibahas, sehingga akan diperoleh suatu gambaran yang lebih jelas tentang isi penulisan ilmiah ini. Adapun sistematika penulisan ini adalah sebagai berikut :

Bab I Pendahuluan,

Dalam bab ini penulis mengemukakan dan menjelaskan Latar Belakang, Batasan Masalah, Tujuan Penulisan Penulisan, Metode Penulisan, Metode Penelitian, serta Sistematika Penulisan.

Bab II Landasan teori,

Bab ini membahas tentang internet, HTML, Web Browser, bahasa pemrograman yang digunakan penulisan yaitu bahasa pemrograman PHP, MySQL dan Macromedia Dreamweaver CS6 serta membahas struktur Navigasi,  beserta fasilitas didalamnya.

Bab III Pembahasan,

Bab ini membahas tentang Struktur Navigasi, Rancangan Halaman Website dan Langkah-Langkah dan software yang penulis gunakan.

Bab IV Penutup,

Dalam bab ini menerangkan kesimpulan tentang hasil dari pembahasan yang ditemukan pada bab-bab sebelumnya yang disertai dengan saran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s