TUGAS 3 BAHASA INDONESIA 2 : PENGERTIAN EKONOMI

Ilmu Ekonomi merupakan sebuah studi tentang bagaimana seseorang mengatur rumah tangganya. Rumah tangga yang dimaksud di sini tidak hanya sebatas urusan belanja, tabungan, dan sebagainya. Urusan rumah tangga yang dimaksud adalah tentang bagaimana seseorang membuat sebuah pilihan.

Prof. P. A. Samuelson mengatakan bahwa Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan komsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.

Ilmu Ekonomi terbagi dua, yaitu : ekonomi mikro dan makro.

Ekonomi mikro yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari bagian-bagian kecil ekonomi seperti perilaku individu-individu, perilaku konsumen, perilaku produsen, harga, dll.

Ekonomi makro yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari keseluruhan perekonomian baik suatu negara / daerah seperti inflasi, kemiskinan, neraca.

Sumber:

Defenisi Ilmu Ekonomi Oleh Prof. P. A. Samuelson pendidikanekonomi.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s