Tips Mengobati Sakit Maag Secara Alami

sakit-maag1

Gejala sakit maag bukan saja lambung anda terasa perih saja, tetapi ada beberapa gejala lain, seperti mual, muntah, sering merasa lapar, perut kembut, sering bersendawa, dan sakit saat buang air besar.

Penyebab sakit maag sendiri bisa diakibatkan oleh berbagai macam, yang paling umum adalah karena pola makan tidak teratur. Penyabab lain, bisa terjadi karena mengkonsumsi obat-obatan, minum alkohol, stres, depresi, bahkan bisa diakibatkan karena pola tidur yang tidak teratur.

Untuk jenis penyakit maag, juga terdapat berbagai macam. Seperti yang admin kutip dari wikipedia, penyakit maag ada yang :

Maag Ringan

Maag jenis ini biasanya tidak menimbulkan sakit apa-apa tapi kadar asam lambung sudah berlebihan pada bagian dinding lambung.

Maag Sedang

Maag jenis ini sudah terasa sakitnya yang ditandai dengan rasa perih pada bagian lambung, biasanya juga disertai dengan rasa mual dan muntah.

Maag Kronis

Maag tipe ini sudah benar-benar menyakitkan, dan harus dilakukan segera penenganan agar si penderita tak kesakitan terlalu lama.

Mengobati Penyakit Maag

Untuk pengobatannya, yang paling umum adalah menggunakan Antasida untuk menetralisi asam lambung serta menghilangkan rasa nyeri pada lambung. Selain itu, ada juga jenis obat-obatan lain, seperti Pompa Proton untuk menghentikaan produksi asam lambung, Ranitidin untuk mengobati tukak lambung, dan berbagai jenis obat-obatan lainnya.

Mengatasi dan Mencegah Penyakit Maag

Ada beberapa tips agar dapat mengatasi dan mencegah penyakit maag, antara lain:

  1. Makan teratur, ini adalah cara paling ampuh karena penyakit maag biasanya dikibatkan karena pola makan yang tak teratur maka anda harus mengatur pola makan yang pertama kali untuk mengatasi penyakit maag.
  2. Hindari Minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti kopi, minuman bersoda, alkohol ataupun makanan yang mengandung cuka berlebih.
  3. Makan makanan yang mudah dicerna, ini berguna untuk meringankan kerja lambung apalagi jika sedang terkena maag. Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat, sepert jelly, rumput laut dan sayur-sayuran. Serta jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah-buahan yang bersifat lunak, seperti pepaya.
  4. Tidur teratur, tak hanya pola makan yang harus anda atur tapi juga pola tidur anda juga harus anda atur karena pola tidur juga salah satu penyebab sakit lambung. Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari.
  5. Hindari stres, stres juga bisa menyebabkan penyakit maag, jadi anda harus bisa menghindari stres tersebut.

Demikian cara mengatasi penyakit maag, semoga dapat membantu anda menghilangkan serta membuang jauh-jauh rasa perih yang diakibatkan karena penyakit maag.

SUMBER :

http://www.cintamela.com/penyebab-dan-tips-mengobati-sakit-maag-secara-alami/

http://akalgue.blogspot.com/2013/01/6-cara-mudah-menghindari-penyakit-maag.html

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s