Tips Membersihkan Kamar Kos Agar Lebih Nyaman

Kamar-Kost-Bersih-dan-Nyaman

Membersihkan kamar merupakan kegiatan wajib dan menyenangkan bukan? Namun berbeda jika bagi si pemalas, membersihkan kamar bisa menjadi kegiatan yang membosankan dan sulit untuk dilakukan dengan berbagai alasan. Namun tahukah Anda? Jika kamar pribadi atau kamar kost Anda kotor dan berdebu? Bisa menjadi sarang penyakit. Buatlah kamar kost Anda bersih dan rapi. Artinya ketika Anda melakukan aktifitas di dalam kamar seperti belajar, tiduran atau hanya melamun lebih nyaman dan menyenangkan.

Simak tips dari kami berikut untuk memiliki kamar kos yang bersih dan nyaman.

  1. Ventilasi

Ventilasi udara amat penting dalam kamar untuk jalur masuk udara segar. Kamar tanpa atau dengan ventilasi yang amat minim akan membuat kamar cepat lembab dan tidak baik bagi kesehatan anda.

Jika ada ventilasi dalam kamar anda, jangan tutup dengan kertas dan tidak membiarkan udara tidak bisa masuk. Sebaiknya gunakan kasa maupun bahan semacamnya yang tetap dapat membuat sirkulasi udara tetap lancar.

Untuk kamar ber-AC, anda dapat membuka pintu maupun jendela sesekali waktu untuk sirkulasi udara yang optimal. Tanpa udara segar yang masuk ke kamar, masalah yang timbul selain pada kesehatan kita adalah kamar yang mudah berjamur.

  1. Barang yang Tersusun Rapi

Jika anda memiliki banyak barang dalam kamar anda, sebaiknya rapikan barang-barang tersebut dengan cara mengelompokkannya. Pisahkan area buku, peralatan makan, tas, sepatu, hingga barang-barang kecil lainnya seperti produk perawatan tubuh.

Untuk membuat kamar kecil terasa lapang, anda juga dapat memanfaatkan space untuk merapikan barang, seperti memiliki rak yang cukup memiliki banyak tempat untuk meletakkan barang.

Space di bawah tempat tidur juga dapat berfungsi untuk meletakkan koper dan di dalam koper anda juga dapat memasukkan tas-tas yang jarang dipakai. Dengan merapikan barang, selain kamar anda menjadi lebih nyaman, hal ini juga dapat memudahkan anda ketika sedang mencari suatu barang.

  1. Pastikan Semua Barang yang Masuk ke Kost Bersih

Baju, sepatu, helm hingga peralatan kebersihan seperti sapu harus dipastikan bersih ketika disimpan di dalam kamar kost.

Sepatu misalnya, sebaiknya miliki rak khusus sepatu maupun rak plastik gantung yang banyak dijual saat ini. Pastikan juga sepatu dibersihkan sebelum diletakkan dalam kamar karena debunya dapat menyebar ke seluruh ruangan.

Baju yang telah digunakan seharian sebaiknya tidak digantung namun langsung dimasukkan ke tempat pakaian kotor. Kuman yang didapatkan dari aktivitas di luar ruangan dapat menyebar jika dibiarkan menggantung maupun disimpan di lemari

Peralatan kebersihan seperti sapu, alat pel dan yang lainnya sebaiknya diletakkan diluar.

Untuk kamar kost yang memiliki kamar mandi di dalam, sebaiknya bersihkan kamar mandi serutin mungkin karena kuman dan bakteri yang ada dalam kamar mandi akan dengan mudahnya masuk ke dalam kamar.

  1. Dekorasi Kamar Anda

Mengapa tidak? Untuk menciptakan suasana yang nyaman, anda dapat mendekorasi kamar anda sesuai selera anda. Anda dapat membeli beberapa dekorasi kamar yang cantik maupun membuatnya sendiri.

SUMBER :

http://tipsku-remajaku.blogspot.com/2014/02/tips-menata-kamar-kos-minimalis-agar.html

http://blog.jual-sprei.com/tips-membersihkan-kamar-kost-bagi-si-pemalas/

http://www.teruskan.com/27949/4-tips-membuat-kamar-kost-bersih-dan-nyaman.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s