Cara mencari tempat kos yang nyaman

BAGAIMANA KAMU MENDAPAT INFO KOS / KONTRAKKAN ?

Banyak cara untuk mendapatkan info kost, jika kamu memasuki area kampus, kamu akan mendapati sederet orang duduk dengan meja dan kursi dipinggir jalan dan dimeja mereka terpampang tulisan “PUSAT INFO KOST”. aneh memang, semua mengaku pusat info kos,  la mana cabangnya ? hati-hati, mereka adalah calo. jika menggunakan jasa mereka , tentunya tarif kos akan lebih mahal, karena pemilik kos akan menaikkan harga kos untuk memberi upah calo. maka cara tsb tidak saya sarankan. Menjadi agen /calo kos tsb, lumayan juga loh keuntungannya. Mereka bisa mendapatkan uang Rp. 50.000 s/d 200.000 per hari. tergantung laris tidak infonya.

informasi yang terbaik yang bisa anda dapatkan adalah dengan mendapatkan informasi dari saudara/teman/teman saudara dll yang anda kenal dan prcaya yang tahu tentang daerah tsb, atau kakak kelas yang juga ngekos disitu. tentunya dengan meminta bantuan temen atau saudara akan lebih efektif dan tentunya ga bayar calo… Namun jika tidak punya kenalan atau saudara maka jasa calo tsb bisa dimanfaatkan, namun harus benar-benar jeli dan negosiasi lagsung dengan pemilik kos.

LOKASI KOS.

  1. deket tempat kuliah/sekolah/kerja
  2. Jauh dari tempat kuliah/sekolah/kerja

pertama. Dekat dengan tempat kuliah/sekolah/kerja.

keuntungan :

  1. menghemat biaya transportasi (bagi yg tidak bawa kendaraan sendiri)
  2. menghemat waktu (terutama bagi yang sering bolak-balik e kampus/sekolah)
  3. jarang terlambat. ini juga penting terutama bagi karyawan/pekarja yang menuntut disiplin waktu yang tinggi.
  4. Biasanya lokasi yg dekat kampus, ramai, mau cari apa aja (makan, fotocopy, toko dll) banyak.

kelemahan :

  1. biasanya harganya lebih mahal.
  2. ramai, bising, banyak yang lalu-lalang

saran :

bagi yang tidak membawa alat transportasi sendiri dan banyak bolak-balik ke kampus atau tempat kerja, maka pilihlah yang lokasinya deket.

bagi yang membawa alat transportasi sendiri, dan ingin lebih menghemat maka pilihlah yang agak jauh tapi murah dan nyaman.

so, semua terserah anda.

CEK FISIK DAN FASILITAS KOS/KONTRAKKAN

sebelum anda membayar kos/kontrakkan, maka pastikan anda benar-benar mengecek fisik dan fasilitas kos/kontrakkan. Hal yang kudu ada yaitu : kamar mandi + toilet, tempat menjemur pakaian, kamar tidur yang nyaman. cek kamar mandi dan toilet, apakah bersih dan sehat, apakah saluran pembuangan lancar ?. jika anda membawa kendaraan, pastikan ada tempat menaruh kendaraan anda dengan aman. lebih baik memilih kos/kontrakkan yang menyediakan dipan+kasur, dan almari pakaian sehingga kamu ga usah repot-rept membeli nya. untuk kenyamanan pilihlah kos/kontrakkan yang ada ruang tamu, sehingga kamu bisa menerima tamu di ruang khusus, tidak di kamar. Untuk keamanan sebaiknya cari kos/ kontarkkan yang ad pintu gerbangnya.telepon rumah tidak harus ada karena sekarang sudah punya HP semua.Bagi yang pingin privasi bisa memilih kamar yang ada kamar mandinya, namun biasanya harganya lebih mahal.

Memilih kos/kontrakkan tidak perlu yang bagus, yang penting bersih, sehat dan aman.

KEBERSIHAN

Ini unsur paling utama yang bikin kita betah di kos. Periksalah keadaan kebersian lorong kos, kamar mandi, kamar-kamar yang ditawarkan pemilik kos dan ruang-ruang yang nantinya kita gunakan. Enggak mau dong, tinggal di kos-kosan yang bau dan banyak sampah?

AIR BERSIH

Coba ke kamar mandi dan dapur calon tempat kos, lalu nyalakan kerannya. Apakah airnya lancar dan bersih? Ini penting banget karena tiap hari kita pasti pakai air buat mandi dan lain sebagainya.

LISTRIK

Berapa daya listrik di kamar yang akan kita tempati? Awalnya kita mencari tahu berapa daya listrik di rumah kos tersebut. Lalu dibagi dengan jumlah kamar di kos itu. Contoh, daya listrik kos 2200 watt dan di dalamnya ada sepuluh kamar. Berarti masing-masing kamar kebagian 220 watt. Ini cukup untuk menyalakan computer dan TV dalam kamar. Kalau kita pengen pasang AC juga, berarti daya listrik per kamar minimal 1300 watt.

AMAN

Cara cari tahu faktor keamanan kos-kosan yang akan kita tempati bisa melalui penghuni kos yang sudah lama menetap disana. Tanyakan apakah pernah ada yang kemalingan di kos atau ada orang asing yang tiba-tiba menerobos masuk. Kita juga bisa tahu seberapa aman kos-kosan dari lingkungan sekitarnya. Akan lebih bagus bila kos itu terletak di sebuah kompleks yang ada satpamnya.

UKURAN KAMAR

Sebaiknya nih, pilihlah kamar yang enggak terlalu sempit. Minimal 3×3 meter lah. Soalnya kalau kekecilan kita juga bingung gimana mau bergerak? He he he. Belum lagi kalau ada teman yang datang buat belajar bareng. Waduh! Jangan jadikan kos sebagai penjara yang pengap ya!

  1. FASILITAS

Selain kamar, apalagi yang disediakan pemilik kos? Apakah ada tempat tidur, lemari, meja? Keberadaan dapur dan alat masak juga penting buat diperhatikan. Bagaimana dengan ruang tamunya? Apakah enak buat nongkrong baren teman-teman?

SIRKULASI UDARA

Cek kamar yang mau kita pilih. Apakah sistem pertukaran udara memadai? Maksudnya ada jendela yang ukurannya sedang dan ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara. Lebih bagus lagi bila jendela menghadap keluar rumah supaya udara yang terserap lebih segar.

BIAYA

Nah kalau soal ini bepulang pada kantong masing-masing. Emang sih, semakin tinggi hara, semakin bagus pula fasilitasnya. Tapi, kalau soal kenyamanan, itu kita yang merasakan. Siapa tau ada harga kos yang mahal, tapi kesannya dingin dan tidak bersahabat? Pilih yang sesuai sama kita saja sih, gals. Terus perhatikan sistem pembayaran kos. Ada kos yang bayarannya perbulan, tapi ada juga yang bayarannya tiap semester.

SUMBER :

http://kosislamterpadu.blogspot.com/2012/07/tips-cari-kos-kosan.html

http://ohgitutoh.blogspot.com/2011/06/cara-mencari-tempat-kos-yang-nyaman.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s