Pola Makan Sehat Buat Anak Kostan

 asd

Ternyata makan berat dua kali sehari itu sudah cukup! Cocok kan, dengan anak kost yang cenderung hidup hemat. Simak tips berikut…

Menghemat uang, itu hal yang menjadi hal yang menjadi alasan utama kenapa anak kos kadang berpikir dua kali untuk mengeluarkan kocek buat makan. Karena terbatasnya uang lantas dia hanya makan dalam sehari, ironis, tapi mungkin hal itu sudah jarang terjadi, terlebih dahulu mereka sudah mengantispasinya dengan pinjam uang ke teman, atau main ke rumah teman yang gak ngekos guna mendapat makan gratis, hehee…

Karena keterbatasan uang, umumnya anak kos tak mementingkan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Hargalah yang menjadi hal nomor satu, “sing penting wareg”, itu mottonya. Mereka tak peduli apa yang dimakan, selama dapat mengenyangkan mereka, bagi mereka itu sudah lebih dari cukup. Padahal belum tentu apa yang mereka makan itu sehat dan mencakup gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Sebenarnya esensi dari makan itu sendiri adalah memberi masukan energi ke dalam tubuh kita, energi itu tentulah sangat berguna ketika kita melakukan aktivitas. Contohnya sarapan pagi, dengan sarapan pagi yang baik, maka bisa meningkatkan daya konsentrasi ketika Anda kuliah/bekerja.

Ternyata Makan Dua Kali Sehari Cukup!

Makan (makanan berat) yang baik menurut pakar kesehatan ternyata hanya 2 kali sehari. Itu bagi anak kos sudah sering dilakukan mengingat keterbatasan waktu yang dia punya, pagi hari dan malam hari, begitulah jadwal makan kebanyakan anak kos.

Makan makanan berat 2 kali dalam sehari disinyalir itu adalah waktu yang ideal untuk menuju hidup sehat, kenapa? Di sini kuncinya adalah perut umumnya butuh waktu 6-8 jam untuk mengosongkan isi perut, jadi sangat baik jika kita makan saat kita merasakan sensasi lapar yang benar-benar optimal.

Makan 3 kali sehari tidak dianjurkan karena suplai karbohidrat akan berlebihan, kedepannya bisa menyebabkan penyakit diabetes. Tapi esensi dari makan itu harus dipenuhi juga, tidak asal enak, tetapi asupan gizi yang seimbang yang dipelukan tubuh juga harus dipenuhi.

Sebaiknya jam makan yang baik bagi anak kos (dan orang pada umunya) sebaiknya antara jam 7 pagi hingga jam 10 pagi, cukuplah dengan roti dan susu. Dan jangan terlalu kenyang karena hal ini bisa menyebabkan Anda ngantuk saat Anda melakukan aktivitas setelahnya.

Enam jam setelah kita makan pagi, sebaiknya kita makan lagi (makan siang), kira-kira jam 1 siang sampai 4 sore lah. Saat makan inilah kali ini Anda boleh makan lengkap dengan lauk dan sayuran sehat. Hal ini memang sesuai dengan waktu yang anak kos punya.

Sebelum berangkat kuliah/kerja sebaiknya Anda menyempatkan waktu buat sarapan terlebih dahulu, saat jeda kuliah/jam makan siang, Anda boleh makan lagi. Pada malam harinya sebaiknya Anda menghindari untuk makan makanan berat.

Perbanyaklah makan buah, sayuran  dan air putih, hindari rokok dan kurangi makan makanan berlemak seperti mie instant dan sejenisnya karena banyak mengandung zat pengawet. Ingat, makan bukan cuma enak doang, kan?

Untuk minum, sebaiknya diperbanyak minum air putih, hindari minuman yang mengadung kafein, alkohol, soda dan minuman yang kadar gulanya tinggi.

SUMBER :

http://www.infokost.net/tip/kuliner/makanan-sehat-untuk-anak-kost

http://www.koskosanku.com/artikel/kolom-anak-kos/37/769/pola-makan-yang-sehat-buat-anak-kos

http://agendaku.com/index.php/groups/forum/201/Tips-Hemat-Ala-Anak-Kost-Buat-Yang-Masih-Kuliah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s