Tulisan TOU 2 Minggu Ke-4

Cara Mengatasi Insomnia

 insomnia

 

Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur adalah keadaan istirahat alami pada manusia dan banyak spesies lainnya. Tidur sangat penting untuk kesehatan. Tanda tanda kehidupan seperti kesadaran, denyut nadi dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan.

Tidur sangat penting untuk kesehatan. Tanda tanda kehidupan seperti kesadaran, denyut nadi dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan. Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung untuk tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang.

Apakah Anda mengalami susah tidur? Insomnia adalah kesukaran untuk memulai tidur dan mempertahankan tidur. Biasanya kesulitan tidur disebabkan gangguan di dalam waktu dan mekanisme tidur. Hal ini biasaya diperberat dengan perilaku yang tidak sehat, seperti tidak teratur jam tidur, seringnya begadang, serta kebiasaan mengkonsumsi sesuatu yang mengandung kafein seperti kopi dan juga rokok.

Ada beberapa akibat yang timbul akibat kurang tidur antara lain:
1. Halusinasi
2. Mudah marah
3. Penurunan kognitif
4. Mudah lupa
5. Menguap parah
6. Gejala mirip dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)
7. Gangguan penilaian moral
8. Berkurangnya kemampuan reaksi dan akurasi
9. Getaran (meriang atau mengigil)
10. Sakit atau nyeri otot

Nah, itulah beberapa dampak buruk yang bisa terjadi jika seseorang mengalami gangguan tidur. Maka jangan sepelekan situsi tersebut.

Cara Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)

Daripada mengkonsumsi obat – obatan untuk pelelap tidur, Anda bisa mencoba mengatasi insomnia atau susah tidur dengan beberapa tips di bawah ini:
1. Melakukan olahraga teratur. Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari, bukan beberapa jam sebelum tidur. Dengan berolaheraga teratur, kesehatan menjadi optimal dan dapat melawan stress dengan lebih baik.

2. Menghindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur.

3. Tidur dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal – hal yang menimbulkan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur, dan jauhkan jam meja dari pandangan yang bisa membuat anda cemas karena belum terlelap.

4. Mengurangi konsumsi minuman yang bersifat stimulan atau membuat anda terjaga sepertiteh, kopi, rokok.

5. Makan makanan yang ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur.

6. Mandi atau berendam air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur.

7. Tidur dan bangun dalam periode waktu yang teratur setiap hari.

8. Minumlah segelas susu hangat

9. Menggunakan tempat tidur hanya untuk tidur. Hal ini akan membuat tubuh untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur.

10. Menjernihkan pikiran dari segala kekhawatiran. Salah satu solusinya bisa dengan menuangkan pikiran anda di sebuah media. Bisa juga dengan melakukan meditasi.

Hal lain yang perlu Anda ketahui juga adalah untuk menghindari stres, sebab tubuh tidak akan nyaman ketika tertidur saat sedang mengalami stress. Usahakan untuk menyelesaikan masalah anda sebelum waktunya tidur, untuk menghindari anda terjaga di malam hari. Semoga ulasan cara mengatasi insomnia seperti diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

 

Sumber :

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/02/cara-mengatasi-insomnia-susah-tidur.html

http://www.metris-community.com/cara-mengatasi-insomnia-susah-tidur/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s