Tugas TOU 2 Minggu Ke-4

Teknologi Baru Bosch: Mobil Bisa Parkir Sendiri!

 Gambar

 

 Bosch telah mengembangkan teknologi yang memungkinkan pengemudi untuk memarkir mobil mereka dari jarak jauh melalui aplikasi pada ponsel cerdas. Pabrikan asal Jerman ini akan memperkenalkan teknologi tersebut dalam sebuah presentasi pada gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2014 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, Senin, 6 Januari 2014 waktu setempat.

Chairman Bosch, Werner Struth, mengatakan konsep mobil yang dikendalikan tanpa pengemudi akan segera menjadi kenyataan pada masa mendatang. Namun, sebagai langkah awal, Bosch mengembangkan teknologi yang dapat membantu pengemudi dengan tugas-tugas tertentu, seperti memarkir kendaraan.

“Tahapan demi tahapan yang semakin berkembang akan memungkinkan para produsen, pembuat kebijakan, dan konsumen untuk menyesuaikan diri terhadap teknologi kendaraan yang mampu berjalan tanpa pengemudi,” kata Struth seperti dikutip dari laman International Business Times, Selasa, 7 Januari 2014.

Seperti kebanyakan perusahaan otomotif dan teknologi di dunia, Bosch mulai berusaha mengembangkan fitur-fitur keamanan pada kendaraan yang mampu berjalan sendiri, seperti menciptakan teknologi yang berfungsi sebagai asisten pengemudi saat memarkir kendaraan. (Baca: Produk Audi Akan Terinstal Android)

Di samping itu, perusahaan lebih dulu menciptakan teknologi yang mampu menjalankan pengereman darurat maupun membantu pengemudi menghindari tabrakan. Sekitar dua pertiga perusahaan manufaktur di Jerman memang bergerak pada sektor otomotif.

Dengan perangkat ciptaan Bosch yang di-install pada kendaraan, aplikasi ini akan memungkinkan pengemudi memarkir mobilnya hanya melalui ponsel cerdas. Melalui aplikasi ciptaan Bosch ini, pengemudi yang sedang tidak berada di dalam mobilnya bisa memberikan perintah parkir dengan cara menggeser gambar virtual kendaraan pada layar sentuh ponsel.

Struth menyatakan kombinasi dari sensor, perangkat keras, dan perangkat lunak yang terintegrasi mampu memarkirkan mobil secara benar dan mengeluarkannya dari tempat parkir.

Sayangnya, teknologi rancangan Bosch ini baru sebatas konsep yang dipresentasikan pada gelaran CES, dan tidak dijelaskan secara pasti kapan teknologi ini akan tersedia bagi konsumen. Struth hanya mengatakan akan menunjukkan cara kerja teknologi memarkir kendaraan tanpa pengemudi ini saat presentasi esok hari waktu setempat.

Pada September lalu, Bosch telah mengunggah video yang menunjukkan kemampuan sebuah mobil dalam melakukan parkir kendaraan tanpa pengemudi. Teknologi seperti ini menjadi perhatian Bosch karena melihat banyaknya orang menghabiskan waktu hanya untuk memarkir kendaraan setiap hari.

 

Sumber :

http://www.tempo.co/read/news/2014/01/07/061542921/Teknologi-Baru-Bosch-Mobil-Bisa-Parkir-Sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s