Tulisan TOU 2 Minggu ke-3

Tips Agar Tidak Cepat Lelah di Depan Layar Komputer

 mata lelah

 

Pekerjaan ataupun kegiatan sehari-hari lainnya kadang membuatkita terus bekerja di depan komputer seharian penuh. Anda mungkin salah satu dari orang dengan kesibukan seperti itu. Tahukah kamu, bahwa hal tersebut bisa membawa dampak buruk pada mata kita.

Aktivitas bekerja, menonton film, atau games seringkali bikin kita lupa bahwa mata kita dipaksa bekerja berlebihan di depan komputer. Terlebih ketika saat ini kita dimanjakan dengan kehadiran notebook yang dimensinya semakin tipis dan ringan, sehingga bekerja di depan komputer terasa semakin mudah, dimana saja dan kapan saja.

Saat ini, bekerja dengan komputer tiap harinya sudah menjadi hal lumrah dan hampir semua kantor punya petugas yang fokus depan layar monitor. Sayangnya para pekerja ini kurang begitu memperhatikan kesehatan, apalagi kesehatan mata. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas tips kesehatan mata agar mata tidak cepat lelah. Tips ini sangat berguna bukan hanya untuk mereka yang kerja terus-menerus menatap layar tetapi juga bagi mereka yang terlalu asyik bermain games depan komputer.

Memang saat ini sudah banyak monitor LCD/LED yang lebih bersahaja pada mata, tetap saja tidak baik jika terus menatap layar, meskipun itu untuk memenuhi tugas. Untuk itu perlu diperhatikan tips kesehatan mata agar mata tidak cepat lelah menatap komputer. Berikut tips-tips penting supaya mata tetap sehat.

Pengaturan Posisi Duduk
Pertama adalah mengatur posisi duduk. Duduklah secara tegak dengan posisi duduk berada pada sudut siku-siku atau 90 derajat. Jarak siku dengan posisi keyboard pun harus berada pada kisaran 100 derajat dari siku tangan. Yang lebih penting adalah tips kesehatan mata agar mata jangan terlalu dekat dengan monitor. Jarak ideal mata dengan monitor adalah 100 cm, atau paling tidak 50 cm lebih masih diperbolehkan. Selain itu , atur pula posisi monitor 5 cm lebih rendah dengan mata. Hal ini berguna agar cahaya dari monitor tidak terlalu menyilaukan pada mata, mengingat kornea sangat sensitif yang terlalu terang.

Atur Cahaya
Aturlah cahaya ruangan. Tidak disarankan cahaya ruangan lebih cerah atau terang dibandingkan dengan kecerahan layar monitor. Redupkanlah beberapa lampu namun jangan sampai ruangan terlalu gelap karena hal ini juga sangat tidak baik. Jika memang agak sulit dalam pengaturan cahaya ruangan, maka yang perlu dilakukan adalah pindah ke ruang lain yang lebih nyaman. Bisa juga cara yang lebih praktis dan mudah yaitu mengatur tingkat kecerahan layar monitor. Aturlah cahaya sesuai kondisi cahaya yang menerangi ruangan.

Sadari Frekuensi Berkedip
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ketika seseorang berada di depan layar monitor, frekuensi berkedip orang-orang ternyata berkurang dibandingkan saat orang-orang tidak berada depan komputer. Hal ini memang tidak disadari karena mata ingin lebih banyak fokus. Intuisi ingin fokus inilah yang kemudian mengorbankan kesehatan mata. Tips kesehatan mata pada poin ini adalah tidak ada salahnya untuk berkedip lebih banyak agar mata tidak cepat lelah.

Gunakan Kacamata
Penggunaan kacamata tidak hanya berlaku bagi orang-orang yang memiliki minus ataupun silindris. Kacamata juga cukup membantu bagi mereka yang masih normal. Hal ini juga bermanfaat agar mata tidak minus dan tetap sehat. Untuk tips kesehatan mata pada poin ini lebih menyarankan penggunaan kacamata khusus, misalnya kacamata antiradiasi. Kacamata ini sangat berguna apalagi bagi mereka yang masih memakai monitor CRT (tabung)

Lakukan Pola 20 20 20
Pola 20 20 20 merupakan pola yang diperkenalkan oleh Mark Rosenfield, PhD, seorang professor dari Amerika. Beliau mengemukakan tips kesehatan mata berupa pola yang dikenal sebagai 20 20 20. Pengertian dari pola ini adalah bahwa setiap 20 menit mata harus diistirahatkan dengan frekuensi selama 20 detik dengan melihat atau mengamati objek lain dalam jangkauan sejauh 20 meter.

Pembersihan Layar Monitor
Tips kesehatan mata berikutnya adalah dengan menjaga mata dari layar yang terlihat kotor. Maksudnya adalah bahwa pemakaian layar komputer yang terlalu sering tentu akan mengakibatkan adanya noda dan debu pada layar komputer Ternyata hal ini cukup mengganggu mata, membuat mata jadi tegang, dan sulit fokus. Untuk itu pembersihan layar komputer sangat penting dilakukan.

Menghindari Computer Vision Syndrome
Mengapa tips kesehatan mata bagi yang keseringan menatap layar ini sangat penting? Hal ini karena adanya penelitian yang menyebutkan bahwa ada gangguang pada mata jika terlalu sering menatap monitor. Gangguan tersebut itu yang kemudian disebut Computer Vision Syndrome atau CVS. CVS ini terjadi pengaturan pencahayaan yang tidak tepat, kedipan mata yang lebih lambat frekuensinya serta posisi duduk yang kurang tepat. Ciri-ciri dari CVS ini adalah mata yang terlihat kering dan merah, mata gampang lelah, sering sakit kepala dan juga kelopak mata yang terasa berat.

Agar terhindar dari CVS ini, tentu perlu diperhatikan tips kesehatan mata yang sudah disebutkan. Tips tersebut akan berguna karena pada dasarnya mencegah lebih baik daripada mengobati. Apalagi tips tersebut juga cukup bermanfaat agar mata tidak mengalami rabun jauh, tekanan bola mata atau glaukoma dan juga otot mata yang terasa ditarik, Sebagia penutup, lihatlah video yang berjudul Visual Training for your Eyes di bawah ini yang cukup bermanfaat untuk melatih mata agar tidak cepat lelah.

 

SUMBER :

http://forum.kompas.com/kesehatan/293169-tips-kesehatan-mata-agar-tidak-cepat-lelah-di-depan-layar-komputer.html

http://indonesiaindonesia.com/f/127048-tips-mata-cepat-lelah-depan-komputer/

http://portal.paseban.com/article/120832/tips-kesehatan-mata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s